Rabu, 15 Juli 2009

sipnosis sekenario film

berikut ini adalah bentuk sipnosis penawaran yang saya kirim ke PH. bagi yang mo copy silahkan, tp kalo copy bwt d postingin cantumin pula blog gw y pren. trus bagi yang lebih tahu ato pengalaman bikin penawaran ke PH, mohon kasih saran y..! cz ini adalah pertama kalinya gw kirim penawaran k PH



Pengantar

“Budak Pengantin Wanita” adalah final script dari seri perdana film Serial “Tumbal” yang sedang saya garap saat ini. Dalam penawaran ini pihak PH bisa mengambil “Budak Pengantin Wanita” saja sebagai satu film, namun jika pihak PH tertarik untuk memproduksi film Serial “Tumbal”, maka saya bersedia menyelesaikan script dari seluruh seri “Tumbal” yang saat ini ada 32 seri (masih dalam bentuk kerangka cerita).

Adanya pro dan kontra antara yang mengakui keberadaan hantu, dilain pendapat hanya mempercayai adanya Jin yang memiliki tugas masing-masing, tidak ada urusan dengan menakut-nakuti manusia apalagi membunuhnya, maka saya membuat karakter cerita “Tumbal”, dengan selalu menghubungkan antara niat jahat manusia yang memanfaatkan kekuatan Jin, sehingga keberadaan hantu menjadi lebih dapat diterima alasannya.

Sipnosis “Tumbal”

Menceritakan seorang pemuda sebatang kara (Ali, 26 tahun), semua keluarganya telah habis dibantai oleh penganut aliran Jinontro, ini disebabkan karena secara turun temurun keluarga Ali memiliki kekuatan dapat menyentuh atau melukai hantu seperti melukai orang biasa, tentu saja ini dianggap ancaman bagi penganut Jinontro. Ali tidak memiliki pilihan lain kecuali memburu aliran Jinontro atau diburu.

Jinontro adalah aliran perdukunan yang membuat para penganutnya mendapat kejayaan dengan cara yang instan. Sudah banyak korban dari aliran Jinontro, baik karena permusuhan ataupun korban yang dijadikan sebagai tumbal.

Dalam perburuan itu, Ali dibantu oleh 2 pemuda adik kakak (Anam, 26 tahun dan Imron, 23 tahun), yang diutus gurunya untuk melindungi Ali, namun Ali yang tidak mau melibatkan orang lain dalam urusan yang mengancam nyawa ini, membuat Anam dan Imron sering kehilangan jejak Ali yang sengaja meninggalkan mereka dalam perburuannya.

Karakter Tokoh Utama:

Ali : Pemudah berumur 26 tahun, raut wajahnya menunjukkan rasa tidak ada yang perlu ditakutkan lagi, pasrah terhadap nasib yang menimpanya namun bukan keputusasaan, ahli beladiri dan secara turun temurun memiliki kekuatan dapat menyentuh atau bahkan membunuh hantu seperti membunuh orang biasa.

Anam : Pemuda berumur 26 tahun, teguh menunaikan niat, religious dan memiliki keahlian ruqyah (mengeluarkan Jin dari tubuh manusia).

Imron : Pemuda berumur 23 tahun, sopan, baik hati penuh pengertian, sehingga banyak yang mengira karena pengertiannya terhadap orang lainlah yang menjadikan dia komunikator handal, sampai-sampai mampu berbicara dengan orang gila.

Sinopsis “Budak Pengantin Wanita”

Seri perdana “Tumbal” ini menceritakan tentang sebuah Desa (Gayam Sewu), yang sedang diteror kematian, mayat yang ditemukan selalu dalam keadaan lidah menjulur seperti habis dicekik. Kabar itu didengar Ali dan membuatnya harus datang ke Desa Gayam Sewu, kemudian bertemu dengan pak Rokhim yang memberi tumpangan untuk menginap di Mushollahnya, kedatangan Ali di Desa Gayam Sewu juga merupakan pertemuan pertamanya dengan Anam dan Imron yang secara terang-terangan datang ke Desa itu untuk menyelidiki teror yang sedang terjadi. Tapi tidak dengan Ali yang terus menyembunyikan identitasnya.

Ali menemui Intan putri pak Kades, Ali menganggap Intanadalah orang yang bercerita di forum internet tentang teror dan mimpi buruknya, namun Intan tidak mengakui bahwa ia adalah orang yang bercerita di internet itu. Misteri itu akhirnya terungkap ketika Anna sedang mimpi hendak membunuh orang, akan tetapi terlebih dahulu berhasil dibangunkan oleh Anam, saat itu juga Ali sempat menangkap arwah mimpi Intan yang kemudian membuat Intan mau barterus terang kepada Ali tentang mimpinya yang sama seperti mimpi Anna.

Misteri pun terungkap. Parmin adalah lelaki setengah baya yang tinggal menyendiri di dalam goa, dia mengambil darah haid wanita-wanita yang disukainya, kemudian dibuatnya berendam dalam kuali, dengan darah kotor itu, Parmin mampu menguasai mimpi para wanita untuk menjadi budak yang patuh pada perintahnya. Budak pengantin wanita yang berasal dari mimipi wanita itu dimanfaatkan Parmin untuk membunuh manusia atau dijadikan pengantinnya pada malam hari, itulah sebabnya di Desa Gayam Sewu sering muncul hantu wanita berjubah putih, yang sebenarnya itu adalah arwah mimpi para wanita yang dikendalikan oleh Parmin.

Dengan bantuan pak Kades akhirnya Ali yang pergi bersama Imron itu mampu menemukan goa dan berhasil membunuh Parmin.

Karakter Peran Pembantu Utama:

Pak Rhokim : Lelaki berumur 60 tahun, hidup sebatang kara, penjual makanan di sebelah Mushollah sekaligus takmir Mushollah itu.

Intan : Gadis berumur 22 tahun, cantik, anak pak Kades, dia termasuk korban yang mimpinya dikendalikan oleh Parmin.

Pak Kades : lelaki 45 tahun, disanjung dan dihormati bawahannya.

Anna : Gadis 19 tahun, polos, berpenampilan gadis desa, dia juga termasuk korban yang mimpinya dikendalikan oleh Parmin.

Parmin : Lelaki berumur 45 tahun, selalu menyendiri, dia adalah penyebab mimpi buruk para wanita.

Genre Acara

Genre asli film ini adalah Film Serial Misteri, dalam perjalanannya nanti juga dimasukkan unsur drama persahabatan antara 3 Tokoh utama.

Durasi

Setiap seri dari film “Tumbal” berdurasi 60 menit sudah termasuk iklan, kecuali jika ada tema yang membutuhkan bahasan menarik untuk diperpanjang, maka akan berdurasi 2x60 menit sudah termasuk iklan.

Segmen

Adapun segmen dari film serial ini adalah:

- Para pecinta film misteri.

- Pecinta film lepas, karena sifat film serial selalu menyelesaikan masalah dalam setiap serinya.

- Siapapun, yang dalam perjalanan serial ini kemudian tertarik untuk mengikuti serial berikutnya, bahkan serial yang telah dilewatkannya.

Nilai Acara

Film ini menonjolkan 2 ciri khas, yaitu asal-usul hantu dan karakter hantu:

01. Asal-usul hantu. Konsep ini mengadopsi film barat yang dikenal lebih aneh dan unik dalam menjelaskan asal usul hantu yang ditampilkan.

02. Karakter hantu. Menampilkan karakter hantu asli Indonesia, sebagaimana kita ketahui, bahwa karakter hantu Indonesia benar-benar mencirikan makhluk dari alam lain, bukan makhluk species lain yang kebanyakan dianut oleh film misteri Barat.

Penutup

Demikian sekenario ini saya tawarkan, semoga “Budak Pengantin Wanita” akan mengisi daftar prestasi PH Bapak/Ibu dan menjadi awal karir saya sebagai Cript Write.

Atas segala perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terimakasih.


Script Writer


NAMA & TTD GUE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar